Jumat, 12 November 2010

Berkunjung ke Kota Nabi, Madinah Al Munawaroh



 Madinah: Bersih dan teratur. Begitulah kesan pertama bila berada di Madinah, Arab Saudi. Di musim haji sekali pun, saat dipadati ratusan ribu jamaah haji, Madinah tetap bersih dan nyaman. Ribuan ekor burung dara yang berterbangan dan menghuni berbagai gedung tinggi tak juga mengotori kota ini.

Madinah memang begitu menggairahkan untuk dikunjungi para jemaah. Tak lengkap rasanya bila berhaji tanpa mengunjungi kota Madinah Al Munawaroh. Meski bukan bagian dari rukun haji, kebanyakan jamaah haji merasa wajib berwisata ke kota nabi ini.

Jemaah haji tak akan melewatkan kesempatan untuk melaksanakan salat Arbain atau salat wajib 40 waktu di Masjid Nabawi. Di dalam masjid ini terdapat makam Nabi Muhammad berdampingan dengan makam Khalifah Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Di historis ini, terdapat pula gunung atau Jabal Uhud nan bersejarah, tempat pertempuran pertama antara rasul bersama umat muslim melawan kaum Kafir Quraish. Selain itu, terdapat pula masjid pertama yang didirikan nabi, yakni Masjid Quba. Sebagai oleh-oleh, para jemaah dapat berbelanja kurma di pusat kurma, pinggiran Madinah. Di sini tersedia aneka jenis kurma, termasuk kurma ajwah, kurma kegemaran nabi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar