Jumat, 12 November 2010

Nasib Pengungsi di Sukoharjo Telantar



Sukoharjo: Ratusan warga lereng Merapi dari berbagai wilayah di Sleman, Yogyakarta, terpaksa mengungsi hingga Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Awalnya mereka sudah ditampung di sejumlah pos pengungsian Sleman, namun terus meningkatnya aktivitas Gunung Merapi membuat mereka harus dipindahkan lagi. Agar lebih tenang, mereka memilih mengungsi ke luar kota.

Keperluan makan sehari-hari mereka, dibantu warga sekitar. Sementara ratusan pengungsi yang berasal dari Desa Panggang dan Desa Kendal Sari Mayungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, saat ini ditampung di sebelas titik pengungsian di rumah warga. Menurut pengakuan beberapa pengungsi, mereka hanya sedikit mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Sementara itu, warga beberapa desa di wilayah Selo, Boyolali, Jawa Tengah, ikut memburu masker karena tak luput dari guyuran abu vulkanik. Stok masker pun habis. Akhirnya banyak warga terpaksa menghadapi debu vulkanik tanpa menggunakan masker sebagai pelindung. Mereka berharap pemerintah kabupaten setempat kembali membagikan bantuan masker, mengingat hujan debu masih sering melanda kawasan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar